Monday, March 26, 2012

Analisis Technical Support and Ressistance

Setelah kemarin kita mempelajari tentang Kecendrungan Harga (Trend) dan Pola Bekelanjutan maka sekarang kita aka mempelajari satu tehnik yang lain.
Teknik yang paling sering terdengar dalam analisa teknikal adalah Support and Ressistance level. Harga ini merupakan analogi dari kesepakatan harga antara pembeli dan penjual, atau dengan kata lain adanya permintaan dan penawaran.
  • Support adalah batas bawah,  merupakan tingkat harga dimana terdapat permintaan yang cukup untuk menahan penurunan harga yang lebih rendah. Di level ini para pembeli lebih tinggi dari pada penjual. 
  • Ressistance adalah batas atas.  merupakan tingkat harga dimana penawaran yang cukup untuk menahan pergerakan peningkatan harga yang lebih tinggi. Pada level ini penjual lebih tinggi dari pada pembeli, sehingga terjadinya peningkatan harga yang lebih tinggi dari harga sebelumnya tidak akan terjadi.
Polanya seperti gambar berikut ini,


Caranya,
Buatlah garis-garis horizontal sperti diatas ( klik: Garis Hirizontal di Tool Bar ), arahkan pada layar, lihat pergerakan harga sebelumnya, dan letakkan (klik) pada titik support (titik dimana saatnya order BUY) dan pada titik ressistance (titik dimana saatnya order SELL)
Perhatikan Gambar Berikut :

Analisa yang dilakukan adalah,
Anda order BUY pada titik SUPPORT.
Anda order SELL pada titik RESISSTANCE