Saturday, March 24, 2012

Krisis Euro Sudah Berakhir.

Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi mengatakan hal yang terburuk dari krisis di zona euro telah berakhir.  Demikian katanya dalam wawancara dengan harian Bild Jerman, bahwa ia telah menstabilkan situasi di Eropa. Draghi juga mengatakan bahwa beberapa data ekonomi, termasuk inflasi dan defisit anggaran, menunjukkan bahwa Eropa dapat melakukan dengan lebih baik daripada Amerika Serikat.

Namun berdasarkan survei terbaru dari manajer pembelian yang dirilis pada hari ini, menunjukkan ekonomi Eropa masih berpotensi lesu. Yang terburuk sudah berakhir, namun masih ada risiko. Tapi situasi ini sudah stabil, demikian kata boss ECB itu dalam wawancaranya dengan Bild.

Draghi dihormati karena berhasil membelokkan zona Euro dari krisis yang lebih serius dengan meminjami bank-bank Eropa dalam jumlah yang besar namun dengan bunga yang sangat rendah. Lebih dari dua putaran, satu pada bulan Desember dan satu di bulan Februari, Operasi Jangka Panjang Refinancing telah menyuntikkan lebih dari setengah triliun euro dari dana baru ke bank-bank Eropa, sehingga Draghi dijuluki sebagai ”obat kuat”.

Namun ia juga mengingatkan bahwa para pemimpin zona euro masih memiliki banyak pekerjaan. Diantaranya adalah memulihkan kembali kepercayaan para Investor sehingga ECB tidak harus membeli kembali obligasi pemerintah sebagai dukungan dalam minggu ini, namun ‘bola salju’ nya justru terdapat di pengadilan pemerintah. Dimana mereka harus membuat bukti bahwa zona euro telah bersih dairi krisis untuk jangka panjang.”


Information From : Sekolah Forex